Galau Masa Depan

student_stress_600_2

Udah mau akhir tahun. Yang anak kelas 1 SMA udah mulai mikirin mau ambil IPA atau IPS (atau mungkin IPB). Yang anak kelas 3 SMA lagi sibuk apply-apply kuliah (atau mungkin lagi sibuk bimbingan belajar supaya lebih siap ikut tes masuk universitas). Kalau diperhatiin, anak sekolah sering banget ngalamin yang namanya bingung. Nanti, abis lulus kuliah, bingung lagi mau kerja apa dan di mana seperti saya. Bingung terus, nggak ada habisnya.

Saya juga bingung kenapa bisa begitu. Salah satu alasannya mungkin adalah sistem belajar di negara kita yang terlalu general. Terlalu banyak mata pelajaran sewaktu sekolah tapi nggak gitu dalam dipelajarinnya. Jadinya, kita tahu banyak hal, tetapi nggak pernah sampai ke tahap menguasai satu bidang. Saya sering di-curhatin sama anak murid dan bikin geleng-geleng kepala. Terus, nanti waktu masuk kuliah, semua yang dipelajari waktu SMA seolah-olah nggak ada jejaknya. Hilang begitu saja. Waktu kuliah pun apa yang dipelajari nggak related sama apa yang dipelajari waktu SMA. Begitu pun waktu kerja, semuanya baru lagi. Terus, buat apa dong kita belajar susah-susah? Tuh kan, jadi makin bingung.

Pemikiran saya waktu SMA juga sempit banget. Semoga bisa jadi bahan pembelajaran buat anak SMA sekarang. Dulu waktu milih jurusan untuk kuliah, saya pikir profesi yang akan kita jalani bakal sesuai seratus persen dengan jurusan yang kita ambil. Saya juga nggak banyak tahu kemungkinan profesi apa yang bisa dilakukan setelah ngambil jurusan tertentu. Yang ada di pikiran saya: ngambil jurusan Psikologi lalu jadi Psikolog, ngambil jurusan Hukum lalu jadi pengacara, ngambil jurusan Komunikasi jadi PR, ngambil jurusan Sastra lalu kerjanya nggak jauh-jauh dari translator, ngambil jurusan Marketing nanti kerjanya jualan. Sesederhana itu. Tiap kali denger nama suatu jurusan, pertanyaan pertama yang muncul: Kalau kuliah itu, entar lulusnya jadi apa dong? 

Ternyata, dunia tidaklah se-hitam-putih itu. Secara, anak lulusan Teknik aja sekarang banyak yang kerja di bank.

Kamu harus banyak cari informasi tentang mata kuliah apa aja yang akan kamu pelajari kalau kamu ambil jurusan tertentu. Biar ada bayangan kira-kira belajar apaan sih empat tahun nanti. Apakah kebanyakan menghitung, menghafal, menganalisa, menggambar, menyampaikan pendapat, praktek lapangan, atau bagaimana?

Terus, cari informasi juga, pilihan karir apa aja yang possible kamu lakukan setelah lulus dari jurusan tertentu. Sekarang ini, banyak banget jenis pekerjaan yang mungkin 20 tahun lalu belum ada atau belum berkembang. Misalnya, social media specialist, app developer, sustainability expert, dan lain-lain. Dulu, mungkin orang juga nggak bisa hidup cuma dari bikin-bikin video. Tapi, tahu dong, sekarang banyak orang sukses menjadi Youtuber?

Banyak juga jenis industri yang lagi berkembang banget sekarang sehingga banyak diperlukan jenis pekerjaan baru di perusahaan. Misalnya, industri e-commerce. Mungkin kamu sudah hafal nama-nama company-nya saking seringnya ngiklan di TV dan radio. Intinya, educate yourself sebelum memutuskan jurusan untuk kuliah.

Ada satu buku yang bagus untuk ngebantu kamu menata masa depan. Judulnya CAREER: The Perfect Guide to Finding the Perfect Job For You. Didesain dan ditulis khusus untuk target pembaca remaja, buku ini ilustrasinya menarik banget, warna-warni, banyak gambar, dan enak dibaca. Buku ini dibagi ke dalam beberapa bagian, sesuai dengan bidang ilmu yang ada. Kemudian, dibahas secara detil deh setiap bidang ilmunya. Ilmu itu tentang apa, pilihan kariernya, orang dengan sifat kayak gimana yang cocok untuk ngejalaninnya, skills yang dibutuhkan, cara mengembangkan kemampuan kamu di bidang ilmu tersebut, sampai-sampai ada gambaran tentang career path, rata-rata gaji, serta working hours di dalam pekerjaan tersebut nantinya. Buku ini menjelaskan lebih dari 400 pilihan pekerjaan.

Abis baca buku ini, pastinya pikiran kamu jadi lebih terbuka, dan kamu bisa jadi lebih fokus dan terarah – setelah lulus kuliah, mau jadi apa. Lebih bijak juga untuk ngambil jurusan kuliah karena kamu tahu: lulusan Psikologi nggak cuma bisa jadi Psikolog, tetapi juga bisa jadi staf HR, researcher, trainer di perusahaan, dan konselor. Lulusan Sastra Inggris juga nggak cuma bisa jadi translator, tapi juga bisa jadi jurnalis, editor, PR, kerja di advertising, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan takut “nanti nggak bisa punya kerjaan bagus” ketika ingin memilih jurusan kuliah yang kamu emang suka. Seperti kata artikel ini, jurusan kuliah nggak segitunya menjamin kesuksesan kamu di masa depan kok. Kuliah kan nggak cuma belajar, tetapi ketemu orang-orang baru, nyobain kegiatan-kegiatan baru, dan ngerjain tugas yang macam-macam jenisnya. Semuanya bisa ngebantu kamu buat mikir, sebetulnya kamu orang yang gimana sih? Dan kamu lebih seneng kerja yang kayak gimana.

Selama kamu suka apa yang kamu pelajari, punya attitude yang baik, dan apalagi, punya banyak pengalaman di bidang yang kamu kerjakan, pasti bakalan ketemu deh formula kamu sendiri untuk bisa sukses di masa depan.

Advertisements

3 thoughts on “Galau Masa Depan

  1. Bener mbak :’ kayaknya rencanaku dulu juga salah. aku selalu mikir ‘kalau ambil ini, besok aku jadi apa ya?” akhirnya aku ngambil teknik sipil, dan sekarang kuliahnya kok kayak gini ya, sekarang pun mikir ‘kalau aku kayak gini kuliahnya, besok jadi apa ya-_-

      1. Hihihi emang mbak -_- hampir semua mengalami problem yang sama pada masa itu :’

        Iya mbak -_- ampun deh. prakteknya masih enak mbak. cuma bikin laporannya aja yang agak ribet gitu

        aaakh makasih mbak :))

Leave Your Thoughts Here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s