Cermat Membaca Berita

ekspresi saat baca berita yang aneh
ekspresi saat baca berita yang aneh

Kadang-kadang saya gampang terusik dengan pilihan berita yang muncul di homepage layanan e-mail di Indonesia. Gimana gitu, secara kita hampir pasti cek e-mail setiap hari, dan itu berarti kita harus melihat deretan judul berita yang kurang berbobot setiap hari juga. Saya bingung, kenapa berita yang dimunculkan kurang-lebih hanya seputar: (1) gosip selebritis (2) berita kriminalitas (yang menyoroti kasus kekerasan) (3) artikel berbau gaib dan mistis (3) kasus perselingkuhan atau nggak (4) artikel absurd kontroversial yang nggak memperkaya wawasan tapi sukses menarik perhatian orang saking absurd-nya. 

Kalau dipikir-pikir, editornya pasti memilih berita yang bisa mendapatkan banyak pembaca. Supaya bisa dapat traffic yang tinggi. Supaya bisa mendatangkan banyak klik. Dan tentunya bisa dapat pendapatan dari iklan yang lebih banyak lagi. Makanya, penulisnya berlomba-loma membuat tulisan dengan judul yang menarik orang untuk nge-klik.

Nah lho, kalo gitu, apa iya pembaca di Indonesia masih suka-nya bacain artikel-artikel kayak gitu? Di saat Amerika dengan National Aeronautics and Space Administration (NASA)-nya lagi mengusahakan misi untuk mengirimkan astronot ke Planet Mars pada 2030, kita sekarang masih sibuk mengamati artikel tentang hantu tanpa kepala yang menampakkan diri ke mahasiswa?

Saat saya mencoba membuka layanan e-mail itu dengan base negara Singapura, berita yang muncul bisa dibilang jauh lebih berkualitas. Kebanyakan membahas politik luar negeri, review gadget terbaru, atau minimal, berita tentang tragedi kemanusiaan atau bencana alam di negara tetangga. Nggak ada tuh, berita soal kepala desa yang ke-gap lagi selingkuh di rumah seorang janda. Belum lagi, banyak artikel dengan judul atau ilustrasi yang mis-leading karena nggak sesuai dengan konten artikelnya sendiri.

Padahal, sayang banget, media bisa digunakan untuk mencerdaskan kehidupan banyak orang. Apalagi media online yang gampang diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, asal ada jaringan internetnya.

Ini nih beberapa rekomendasi situs yang bisa membuat kita menjadi lebih berwawasan:

1. www.memrise.com

Di situs ini kita bisa belajar tentang berbagai topik, dari bahasa asing, sejarah, geografi, ilmu pengetahuan alam, seni, dan lain sebagainya. Cara belajarnya juga seru banget, ada paket soal pilihan ganda dan isian setiap kali kamu selesai belajar suatu hal. Developer situs ini percaya kalau dengan banyak mengulang-ngulang pengetahuan yang baru, kita bisa lebih gampang ingetnya. Jadi, serasa lagi ngerjain kuis gitu. Lumayan kan, dapat fun-nya, dapat juga pengetahuan-nya.

2. http://www.bbc.com/news/world

Salah satu situs terpercaya untuk liputan berita-berita internasional. Ada menu berita internasional terbaru setiap jam yang bisa kita dengar juga audio-nya. Waktu sampai di halaman situs ini, bakal langsung ada summary kejadian penting yang baru terjadi di benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan juga Middle East. Situsnya lengkap dan jelas, bahkan sampai ada keterangan waktu kapan kejadian penting itu terjadi, misalnya berapa jam atau berapa hari yang lalu.

3. https://en.wikipedia.org/wiki/Portal:Current_events

Kalau malas baca berita panjang-panjang, bisa juga buka ini. Wikipedia memberikan rangkuman yang super singkat – hanya berupa kalimat pendek tentang kejadian penting yang terjadi setiap harinya di seluruh belahan dunia. Kalau pembacanya tertarik lebih lanjut, baru deh, klik link di dalam berita tersebut.


Harapan yang sama dari kacamata seorang pengamat media online.

Advertisements

3 thoughts on “Cermat Membaca Berita

  1. parah mbak kalau ngomongin berita di indonesia -_- judulnya nggak ada yang bener. Aku pernah waktu main fesbuk, ada kayak media online yang ngasih judul berita ‘Raffi Ahmad dipenjara karena nyolong ayam (intinya berita yang mengatasnamakan nama artis)’ eh setelah dibuka, ternyata raffi ahmad itu nama warga setempat -_- kan kampret ya -_- ngarepin jumlah klik sampe lupa kualitas berita

Leave Your Thoughts Here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s